Pengertian Hadats

Hadats adalah perkara-perkara yang mewajibkan seseorang wajib bersuci (berwudhu atau mandi janabah) jika hendak melaksanakan shalat.

Hadats dibagi menjadi dua, yaitu :

a. Hadats Kecil adalah hadats yang dapat disucikan dengan cara wudhu, jika berhalangan dapat diganti dengan tayamum.

Hal-hal yang termasuk hadats kecil adalah :
  1. Keluar sesuatu dari jalan depan (buang air kecil) dan jalan belakang (buang air besar)
  2. Hilang akal ( karena tidur tidak dengan duduk, gila )
  3. Menyentuh kemaluan dengan telapak tangan.
  4. Bersentuhan kulit antar lawan jenis yang bukan muhrim.

b. Hadats Besar adalah hadats yang dapat disucikan dengan mandi, jika berhalangan dapat diganti dengan tayamum.

Hal-hal yang menyebabkan hadats besar adalah :
  1. Melakukan hubungan suami isteri (jima'/bersetubuh) baik mengeluarkan air mani atau tidak.
  2. Keluar sperma (mani), baik disengaja maupun tidak.
  3. Selesai masa haid/menstruasi (bagi wanita)
  4. Selesai masa nifas (masa setelah melahirkan)
  5. Wiladah (setelah melahirkan)
  6. Meninggal dunia
Firman Allah tentang ketentuan wudhu’, mandi dan tayammum (bersuci dari hadats) dijelaskan dalam Surat Al Ma'idah [5] ayat 6 sebagai berikut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya:
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan shalat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, bertayammumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan debu itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur. (Surat Al Maidah: 6)

No comments: