Doa Ketika Melihat Ka'bah

Saat menjalani ibadah haji dan umroh, para jemaah akan melihat bangunan Ka'bah yang berada di tengah-tengah Masjidil Haram Kota Mekkah. Pada momen tersebut para jemaah dianjurkan untuk membaca doa melihat Ka'bah sebagai bentuk rasa syukur atas keagungan Allah SWT.

Dikutip dari NU Online, Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Idhah fi Manasikil Hajj pada Hasyiyah Ibni Hajar alal Idhah, menganjurkan siapa pun yang melihat Ka'bah untuk memanjatkan doa.

Doa Ketika Melihat Ka'bah di Masjidil Haram

اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَابَةً، وَزِدْ مَنْ شَرّفَهُ وَكَرّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوِاعْتَمَرَهُ تَشْرِيفًا وَتَكْرِيمًا وَتَعْظِيمًا وَبِرًّا

"Allahumma zid hadzal bayta tasyrifan wa ta'zhiman wa takriman wa mahabatan, wa zid man syarrafahu wa karramahu min man hajjahu aw i'tamarahu tasyrifan wa takriman wa ta'zhiman wa birran."


Artinya:

"Ya Allah, tambahkan kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kehebatan pada Baitullah ini. Tambahkan juga kemuliaan, kehormatan, keagungan, dan kebaikan untuk orang-orang berhaji atau berumroh yang memuliakan dan menghormati Ka'bah."


Setelah itu, lanjutkan membaca doa berikut.


اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ.

"Allahumma antas salam, wa minkas salam, fa hayyina rabbana bis salam."


Artinya:

"Ya Allah, Engkau adalah keselamatan. Dari-Mu keselamatan berasal. Wahai Tuhan kami, berikan kehormatan pada kami melalui keselamatan."


Setelah membaca doa di atas, Muslim dianjurkan untuk memperbanyak bacaan istighfar untuk memohon ampunan Allah SWT.


Adab saat Melihat Ka'bah

Selain membaca doa, dalam buku Fiqih Sunnah Jilid 3 (2015) karya Sayyid Sabiq dijelaskan adab yang sebaiknya dilakukan jemaah saat melihat Ka'bah.

  1. Dianjurkan membaca doa melihat Ka'bah sambil mengangkat kedua tangan dan memohon anugerah Allah SWT.
  2. Mendekati Hajar Aswad dan menciumnya tanpa bersuara atau menyentuhnya dengan tangan kanan.
  3. Apabila tidak mampu bisa melambaikan tangan dari jauh ke arah Hajar Aswad sambil memberi isyarat bahwa Anda tidak mampu menyentuhnya.
  4. Dianjurkan memperbanyak doa dan berzikir.
  5. Tetap menggunakan alas kaki.
  6. Mengelilingi Ka'bah atau thawaf.

No comments: