Tempat Tempat Ziarah Umrah / Haji

MAKKAH

1. Padang Arafah dan Jabal Rahmah

Padang Arafah adalah tempat jama'ah Haji melaksanakan ibadah wuquf, ditempat inilah semua jama'ah haji dari seluruh dunia berkumpul untuk meaksanakan satu ibadah haji yang paling penting yaitu wuquf. Ditempat ini juga terdapat tugu yang diyakini sebagai tempat bertemunya Nabi Adam dan Istrinya Siti Hawa saat diturunkan oleh Allah ke dunia

2. Jabal Nur dan Gua Hira

Dilereng gunung ini terdapat Gua  yang kita kenal dengan Gua Hira, dimana Rasulullah menerima wahyu yang pertama.Sedangkan tinggi puncak Jabal Nur kira-kira dua ratus meter, di sekelilingnya terdapat sejumlah gunung, batu bukit dan jurang. Letak Gua Hira di belakang dua batu raksasa yang sangat dalam dan sempit dengan ketinggian sekitar dua meter. Di bagian ujung kanan gua terdapat lubang kecil yang dapat dipergunakan untuk memandang kawasan bukit dan gunung arah Makkah.

3. Jabal Tsur

Dilereng bukit ini juga terdapat Gua, tempat bersembunyinya Rosulullah dan sahabatnya Abu Bakar As-siddik saat menghindari kejaran kaum Qurais Makkah yang hendak memunuh Nabi Muhammad SAW.

4. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah (Bukit kasih sayang) di Arafah, Mekkah merupakan tempat bertemunya kembali Nabi Adam dan Hawa setelah sekian lama terpisah diturunkan dari surga. Saat berada di Arafah, jamaah haji dianjurkan bertaubat, dan memperbanyak istighfar kepada Allah.

5. Jamarat

Jamarat adalah tempat jama'ah haji melontar tiga jumrah (Sughra,Wustha dan Aqabah) sebagaimana nabi ibrahim melempar syetan saat diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih anaknya yaitu Nabi Ismail.

6. Masjid Ji'ranah

Ji'ranah adalah salah satu tempat untuk mengambil miqat umrah, ketika jama'ah sudah di kota Makkah sebagaimana Tan'im. Ditempat ini juga juga Insya Allah kita akan mengambil miqat umrah. Masjid Ji’ranah sangat populer sekali di kalangan kamu muslimin baik bagi penduduk Makkah atau luar Makkah. Masjid ini telah dipugar berkali kali dari zaman ke zaman sepanjang sejarah. Kemudian pada pemerintahan Saudi dibangun masjid besar bersebelahan dengan masjid yang lama yang tidak terpisahkan.


MADINAH

1. Raudhah

Raudhah adalah suatu tempat di Masjid Nabawi yang letaknya ditandai dengan tiang-tiang putih, berada diantara rumah Rasulullah SAW (sekarang menjad makam Beliau) dan mimbar Masjid Nabawi. Luas Raudhah  22M dari arah timur ke barat dan 15 M dari utara ke selatan.

Rasulullah bersabda :
" Ma baina baiti wa mimbari  Raudhatun min riyadhil jannati"
Antara rumah-ku dan mimbar-ku adalah taman diantara taman syurga (H.R Imam Bukhari dari Abu Hurairah).

2. Makam Rasulullah SAW

Adalah makam Nabi Muhammad SAW  ini dulu dinamakan Masqurah. Setelah Masjid Nabawi diperluas, makam ini masuk dalam bangunan Masjid. Disamping makam Rasulullah SAW terdapat makam dua sahabatnya yaitu Abu Bakar Assidiq dan Umar Bin Khattab

3. Makam Baqi'

Makam Baqi adalah makam penduduk madinah sejak zaman jahiliyyah sampai sekarang. Dimakamkan disini istri-istri Rasulullah SAW Usman Bin Affan (Khalifah ke III), putra-putri Rasulullah SAW diantaranya Ibrahim, Siti Fatimah, Zainab Binti Ummi Kulsum.
Demikian juga Halimatussa'diyah Ibu susu Rasulullah SAW. Dan dimakamkan disini juga beberapa sahabat Nabi dan jama'ah haji atau umrah yang meninggal di madinah juga akan dimakamkan di Baqi ini. Makam Baqi ini juga dikenal dengan nama AL-Ghorqod karena dilokasi ini dulu tumbuh pepohonan ghorgod (sejenis pepohonan yang berdaun kecil).

4. Masjid Quba

Masjid ini terletak di daerah Quba, kurang lebih 5 Km sebelah barat daya kota Madinah. Penduduk Quba adalah orang-orang yang pertama kali menyongsong kedatangan Rasulullah SAW saat beliau hijrah bersama sahabatnya Abu Bakar Assiddiq dari Makkah menuju Madinah.
Masjid Quba dibangun oleh Rasulullah SAW 2 Kali, pertama saat kiblatnya menghadap Baitul Maqdis dan kedua setelah turun ayat untuk pindah kiblat ke Masjidilharam.

5 Masjid Kiblatain

Masjid ini mula-mula dikenal dengan Masjid Bani Salamah, karena Masjid ini dibangun diatas tanah bekas rumah Bani Salamah. Pada permulaan Islam orang shalat menghadap ke Baitul Maqdis Yerussalem Palestina.  Pada Tahun 2 Hijriyah tepatnya hari senin bulan Rajab waktu Ashar, pendapat lain mengatakan waktu Dhuhur di Masjid Bani Salamah turun wahyu (Al-Baqarah 144) untuk pindah kiblat. Saat itu Rasulullah SAW sedag melaksanakan shalat dan menghadap Aqsha, setelah turun ayat tersebut  maka Rasulullah SAW menghentikan shalatnya sejenak dan kemudian meneruskan shalatnya dengan menghadap ke Masjidilharam Makkah.

6. Jabal Ukhud

Jabal Ukhud adalah nama sebuah bukit terbesar dikota Madinah. Di lembah bukit ini pernah terjadi perang dahsyat antara kaum muslimin sebanyak 700 orang melawan 3.000 orang kaum musyrikin Makkah. 70 orang islam gugur sebagai syuhada pada peperangan ini, termasuk Hamzah pama Nabi Muhammad SAW. Dalam peperangan ini Hindun Binti Utbah mengupah Wahsyi Al Habsyi, bidak Zubair, untuk membunuh Hamzah, karena ayah Hindun terbunuh oleh Hamzah dalam perang Badar.

7. Khandak

Dalam bahasa Arab Khandak berarti parit. Dalam sejarah Islam khandak adalah galian parit untuk pertahanan kaum muslimin Madinah sehubungan dengan peristiwa pengepungan Kota Madinah oleh Koalisi kafir Quraisy Makkah dan sekutunya  dari Yahudi Bani Nadhir, Bani Ghatafan dan lain-lainnya. Menggali parit sebagai benteng pertahanan adalah usulan dari Salman Al Farisi yang disetujui oleh Nabi Muhammad SAW dan beliu sendiri yang memimpin penggalian parit ini. Peristiwa ini terjadi pada bulan Syawal tahun ke 5 Hijriyah. Peninggalan perang Khandak saat ini berupa 5 buah pos yang dulunya berjumlah 7, dan tempat ini sekarang terkenal dengan nama Masjid Sab'ah atau Masjid Khamsah.

8. Percetakan Al-Qur'an

Dilokasi ini Khusus bagi bapak-bapak jama'ah Haji atau Umrah bisa masuk ke ruang percetakan Al-Qur'an untuk ibu-ibu akan langsung menuju ketempat dimana dijual berbagai macam ukuran cetakan Al-Qur'an.

No comments: